Terancam Hilang, Berikut 10 Pekerjaan Yang Akan Digantikan AI

5 min read

10 pekerjaan yang akan digantikan ai akibat dari pasifnya teknologi AI. Tak dipungkiri bahwa saat ini percepatan dunia digital mampu mendorong dan mengubah tatanan yang ada di masyarakat, salah satunya pada ruang lingkup pekerjaan. 

Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa revolusi dalam dunia kerja. Bagaimana tidak, kehadiran AI saat ini telah mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari suatu pekerjaan Selain itu, AI juga dapat menghasilkan lapangan kerja baru dan mengubah lingkungan kerja. 

Namun disisi lain, penggunaan AI di dunia kerja juga dapat menimbulkan beberapa tantangan.Salah satunya adalah munculnya rasa ketakutan akan kehilangan pekerjaan akibat AI yang telah mampu mengoperasikan seluruh pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia. Maka tak heran, ada banyak jenis profesi yang mungkin bisa jadi akan terancam punah. Adapun hilangnya sebagian besar pekerjaan yang akan digantikan AI ini dapat dicermati melalui tulisan dibawah ini.

Pekerjaan Yang Akan Digantikan AI

Perlu diperhatikan bahwa pekerjaan yang diperkirakan akan digantikan oleh teknologi buatan manusia ini dapat berubah seiring dengan kemajuan zaman dan perubahan kondisi pasar. Namun demikian, berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang akan digantikan AI.

  1. Pekerjaan Bidang Hukum 

Pekerjaan yang akan digantikan AI pertama adalah berasal dari bidang hukum. Bagaimana tidak, berdasarkan laporan dari Goldman Sachs mengenai kecerdasan buatan menunjukkan bahwa pekerjaan di bidang hukum, seperti paralegal dan asisten hukum, kemungkinan besar akan terkena dampak AI. Faktanya adalah AI juga dapat melakukan tugas seperti halnya paralegal yang mengumpulkan data dalam jumlah besar, menyinkronkannya, dan mengubahnya menjadi ringkasan sederhana. Namun, teknologi AI dalam hal ini diharapkan tidak serta merta menggantikan pekerja di bidang tersebut.

  1. Pekerjaan Bidang Keuangan 

Munculnya AI dapat menimbulkan kekhawatiran bagi profesi seperti penasihat keuangan atau analis. Kemampuan seorang penasihat keuangan untuk bekerja memerlukan pemahaman tentang prosedur akuntansi, data pasar seperti risiko kredit dan tingkat inflasi. Biasanya Informasi ini akan digunakan untuk memprediksi langkah yang harus dipilih nasabah dalam urusan keuangan. Meskipun demikian, AI juga mempunyai kemampuan untuk melakukan hal tersebut dan seringkali lebih efisien dan tepat dalam menyampaikan data penting untuk pilihan investasi.

  1. Pekerjaan Bidang Teknologi Pemrograman 

Pekerjaan yang akan digantikan AI selanjutnya ada di bidang pemrograman komputer (seperti program, insinyur perangkat lunak, atau analis data) saat ini merupakan salah satu bidang pekerjaan yang paling banyak diminati. Meskipun demikian, akibat dari kemajuan teknologi AI ini juga dapat mengubah ritme dari teknologi pemrograman. Hal ini dikarenakan, AI dapat membuat kode pemrograman yang lebih optimal, cepat, dan akurat dibandingkan manusia.

  1. Pekerjaan Bidang Pelayanan Pelanggan 

Tidak heran banyak dari customer yang menghadapi keluhan produk melalui chatbot yang sepenuhnya didukung AI. Aktivitas layanan pelanggan berbasis AI ini diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Ini jelas merupakan tanda bahaya bagi staf layanan pelanggan. Selain memberikan jawaban yang cepat dan otomatis, dengan kehadiran AI ini juga mampu untuk mengumpulkan beberapa data yang menjadi keluhan dari para customer.

  1. Analis Riset Pasar 

Analisis pasar merupakan salah satu hal penting dalam dunia pemasaran. Namun, pekerjaan ini diperkirakan akan berubah dengan hadirnya AI. Teknologi AI dinilai lebih efektif dan efisien jika digunakan dalam menganalisis kebutuhan dan karakteristik pasar. AI dapat melakukan pencarian otomatis dan pengorganisasian informasi serta pekerjaan di bidang ini mungkin terpengaruh.

  1. Pekerjaan Bidang Media 

Jenis pekerjaan media ini seperti periklanan, pembuat konten, dan jurnalis, mungkin juga  harus beradaptasi dengan kehadiran AI. Kehadiran AI berbasis teks seperti ChatGPT terbukti mampu menjalankan perintah hingga menghasilkan artikel yang kualitasnya semakin mirip dengan buatan manusia.

  1. Akuntansi 

Merupakan profesi yang paling aman. Memang manajemen keuangan merupakan salah satu dasar dalam hal berbisnis. Namun kehadiran AI yang mampu menganalisis angka dengan lebih cepat dan tentu saja akurat diperkirakan akan memberikan dampak besar di dunia akuntan.

  1. Desainer Grafis 

Perkembangan teknologi AI diprediksi juga akan berdampak pada para pekerja di bidang desain grafis. Saat ini sudah banyak bermunculan teknologi AI berbasis gambar. Selain itu, teknologi AI kini juga dapat menerjemahkan tugas dari teks menjadi gambar. Meski AI berbasis gambar belum sepenuhnya berjalan dan menghasilkan desain yang optimal, namun bisa jadi di tahun-tahun mendatang bukan tidak mungkin AI akan mengubah cara kerja desainer grafis. 

  1. Pengemudi Mobil (Driver)

Pekerjaan selanjutnya yang bisa digantikan oleh AI adalah mengemudikan mobil. Memang mobil dengan sistem penggerak otomatis semakin berkembang. Teknologi ini juga telah diterapkan pada beberapa model mobil mewah. Meskipun pengembangan mobil self-driving sedang berlangsung, akan tetapi sudah banyak kendaraan modern yang menyertakan fitur kecerdasan buatan untuk meningkatkan keselamatan dengan tujuan untuk membantu mendeteksi situasi berbahaya dan mengurangi risiko kecelakaan.

  1. Guru

Dengan hadirnya teknologi AI berbasis teks yang biasa digunakan siswa untuk menyelesaikan tugas sekolah. Hal ini dianggap sebagai peluang bagi AI untuk mengubah sistem pendidikan. Namun dalam kenyataannya masih tidak mungkin bagi AI untuk dapat menggantikan peran seorang guru seutuhnya. Namun tidak ada yang mustahul jika suatu saat guru menjadi salah satu pekerjaan yang akan digantikan AI.

Meski terlihat sangat menyedihkan untuk diketahui jenis pekerjaan yang akan digantikan AI. Namun perlu diingat juga bahwa ada banyak pekerjaan baru yang lahir dari berkembangnya teknologi buatan manusia satu ini.

admin http://apikes-widyadharma-plg.ac.id

Hai bro, kenalin dulu nama saya adalah Jason karmela. Saya ingin berbagi pengalaman serta pengetahuan mengenai beragam fakta unik seputar teknologi terbaru dan terlengkap 2024. Jika kamu tertarik silahkan ikuti kami dan baca selalu kabar terbarunya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author