Teknologi WEB Development, 5 Elemen Penting yang Wajib Dipelajari

3 min read

Berminat belajar teknologi web development untuk bidang karir? Yuk ketahui 5 elemen dasar yang wajib dipahami dulu disini

Keberadaan teknologi saat ini memberikan dampak yang cukup signifikan untuk masyarakat. Mulai dari hiburan, komunikasi, transaksi, hingga pekerjaan pun berhubungan dengan teknologi. Bagi yang merasa ingin belajar tentang Teknologi WEB Development, ada sejumlah elemen dasar yang perlu dipelajari.

Nantinya, elemen-elemen ini akan menjadi fundamental untuk belajar banyak hal di kemudian hari. Setidaknya 5 elemen ini bisa membantu penguasaan atau teknik dalam mengembangkan ilmu teknologi. Penasaran dengan apa sajakah dasar-dasar itu? Yuk simak penjelasan berikut.

5 Elemen Dasar Teknologi WEB Development

Sebelumnya, profesi sebagai WEB Development memang sangat diincar oleh perusahaan. Bukan hanya perusahaan nasional saja, melainkan juga multinasional yang membutuhkan skill ini. Nah, inilah 5 elemen dasar Teknologi WEB Development yang harus diketahui.

  1. JavaScript

JavaScript termasuk bagian dari teknologi yang sangat penting. Pada mulanya, JavaScript memang hanya dimanfaatkan sebagai cara untuk melakukan perubahan hingga memanipulasi isi web tertentu. Namun, karena dirasa sulit, penggunaannya sempat menurun.

Melalui pemakaian JawScript, programmer bisa melakukan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah merombak tampilan web tanpa harus memuat ulang halaman tersebut.

  1. WordPress

Elemen kedua Teknologi WEB Development sudah pasti banyak yang tahu. Bahkan, orang yang mulai belajar TI pun banyak yang memilih platform ini karena dinilai paling mudah, gampang diotak-atik, sampai semua template pun tersedia.

WordPress sendiri termasuk Content Management System atau CMS yang memang didesain sangat friendly. Jadi, untuk mengoperasikannya tak perlu menunggu jadi programmer handal dulu.

Selain mudah, WordPress juga menyediakan berbagai jens tema. Menariknya lagi, pengguna bisa memakainya dengan bebas serta gratis. 

  1. CSS

Perkembangan teknologi saat ini memang cukup ugal-ugalan. CSS yang awalnya hanya berguna untuk mengatur dan membagikan data berupa teks, hyperlink, hingga gambar pun sudah bisa lebih canggih.

CSS jaman sekarang dapat merubah keseluruhan tampilan dari situs WEB menjadi lebih cantik, professional, hingga mudah dipahami. Untuk itu, CSS bisa sangat membantu kalau ingin belajar membuat website pribadi.

  1. HTML

Jenis Teknologi WEB Development yang keempat ini sepertinya malah menjadi dasar atau pondasi untuk membangun halaman di situs. Hanya saja HTML tidak semudah itu untuk dipahami karena berisikan kode-kode professional.

Kemudian, menurut beberapa pengalaman yang diambil dari sejumlah sumber, HTML ini tidak hanya dibuat lalu selesai. Namun, masih ada proses yang cukup panjang hingga membuat HTML ini bisa terakses oleh semua pengguna internet.

Jadi, saat membuat situs menggunakan HTML, website tidak hanya harus dimengerti oleh manusia saja. Namun, juga harus dipahami oleh mesin pencari hingga tak dianggap sebagai situs spam atau scam.

  1. Laravel

Pernah mendengat istilah ini. Laravel adalah framework yang paling banyak dipakai oleh pengembang WEB. Laravel menyediakan fitur-fitur lengkap serta canggih seperti security untuk keamanan dan fitur lainnya.

Pemakaian Laravel ini seringkali tidak dijadikan opsi pertama. Sebab, orang-orang beranggapan bahwa platform ini sangat lama prosesnya hingga mamakan waktu. mungkin ada juga kelebihannya, namun kalau masih pemula banget lebih baik pakai yang keempat poin di atas saja.

Siap Belajar Lebih Banyak Tentang Teknologi WEB Development?

Kelima elemen Teknologi WEB Development termasuk dara pembelajaran untuk menjadi programmer. Bukan hal yang mudah memang untuk bisa menjadi profesional atau sang maestro. Namun, kalau memang berniat, mulailah melangkah agar bisa meraup ilmu setinggi-tingginya.

admin http://apikes-widyadharma-plg.ac.id

Hai bro, kenalin dulu nama saya adalah Jason karmela. Saya ingin berbagi pengalaman serta pengetahuan mengenai beragam fakta unik seputar teknologi terbaru dan terlengkap 2024. Jika kamu tertarik silahkan ikuti kami dan baca selalu kabar terbarunya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author