3 Cara Mengatur Playlist di Youtube dengan Cepat

3 min read

Panduan cara mengatur playlist di youtube merupakan salah satu cara paling terbaik bagi pengguna, simak selengkapnya di bawah ini!

Cara mengatur Playlist di Youtube merupakan salah satu cara paling terbaik bagi pengguna. Terutama, untuk bisa menyimpan atau mengorganisir video yang telah disukai atau ingin ditonton kembali.

Melalui playlist, pengguna nantinya bisa langsung mengelompokkan video berdasarkan tema atau minat tertentu. Jadi akan memudahkan pengguna untuk bisa menemukan video yang diinginkan.

Cara Mengatur Playlist di Youtube

Terdapat beberapa cara mengatur playlist di YouTube yang perlu dipahami. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkapnya:

Membuat Playlist Baru

  1. Cara mengatur Playlist di Youtube pertama yang perlu pengguna ketahui hanya dengan membuat yang baru. Untuk bisa melakukannya, cukup dengan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  2. Pertama, harap memastikan pengguna saat ini sudah login ke akun YouTube. Lanjut bisa temukan video yang ingin pengguna masukkan ke dalam playlist.
  3. Pada bagian bawah video, maka bisa langsung klik opsi “Simpan”. Setelah itu, langsung memilih “Buat playlist baru”.
  4. Pengguna nantinya akan langsung diminta untuk dapat memberikan nama playlist dan mengatur privasi (Tidak Publik, serta Publik dan Pribadi).
  5. Setelah itu, bisa langsung klik “Buat”. Nantinya, video tersebut secara otomatis akan langsung masuk ke dalam playlist baru.
  6. Pengguna juga nantinya dapat menambahkan deskripsi playlist. Tujuannya untuk memperjelas isinya.

Pengelompokan Video Berdasarkan Tema

Jika sudah berhasil membuat beberapa playlist, maka langkah berikutnya yaitu mengelompokkan video berdasarkan kategori atau tema tertentu. Hal tersebut untuk memudahkan pengguna dalam menemukan video yang diinginkan di hari kemudian.

Berikut ini sudah ada cara untuk mengelompokkan video berdasarkan dengan tema, yaitu:

  • Buat Playlist Tematik

Pertama, pengguna bisa langsung membuat playlist berdasarkan dari genre musik, kategori pendidikan, film favorit, serta berbagai macam video tutorial lainnya.

  • Perbarui dan Periksa Playlist Secara Berkala

Tidak boleh membiarkan playlist pengguna menjadi berantakan dengan video-video yang saat ini tidak relevan. Apabila ada video yang tidak sesuai dengan tema playlist, maka bisa pindahkan ke playlist lain atau hapus dari playlist.

Mengatur Urutan Video dalam Playlist

YouTube ini memang memungkinkan pengguna untuk bisa langsung mengatur urutan video dalam playlist. Hal ini tentunya juga sesuai dengan preferensi pengguna.

Ini sebenarnya juga berguna jika pengguna ingin sekali video diputar dalam urutan tertentu. Contohnya saja untuk playlist musik atau tutorial. Berikut ini penjelasan terkait cara mengatur urutan video, antara lain:

  1. Langkah pertama, bisa langsung membuka playlist yang ingin diatur terlebih dahulu. Kemudian, lanjut klik dan tahan video yang ingin sekali pengguna pindahkan.
  2. Setelah itu, juga seret ke posisi yang diinginkan. Pengguna nantinya bisa mengatur video berdasarkan dari urutan tertentu. Misalnya saja seperti tanggal penambahan, jumlah tontonan, serta preferensi pribadi.
  3. Apabila pengguna ingin video diurutkan secara otomatis, maka bisa langsung menggunakan fitur “Sort by” yang sudah ada di bagian atas playlist.

Kesimpulan

Melalui beberapa cara yang ada di atas, pengguna nantinya bisa langsung mengatur playlist YouTube secara efisien. Selain itu, nantinya dapat membuat pengalaman menonton lebih menyenangkan, serta memudahkan pengunjung channel.

Tujuannya tentu untuk bisa langsung menemukan video yang relevan dan playlist teratur. Selain itu, juga bisa meningkatkan engagement serta waktu tonton di channel YouTube. Hal ini terutama jika seorang konten kreator, tentu cara mengatur Playlist di Youtube sangat dibutuhkan.

admin http://apikes-widyadharma-plg.ac.id

Hai bro, kenalin dulu nama saya adalah Jason karmela. Saya ingin berbagi pengalaman serta pengetahuan mengenai beragam fakta unik seputar teknologi terbaru dan terlengkap 2024. Jika kamu tertarik silahkan ikuti kami dan baca selalu kabar terbarunya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author