Keunikan dari Jumlah Ayat dalam Alquran

3 min read

Total jumlah ayat dalam alquran ini sebenarnya cukup banyak sekali dan tidak diketahui oleh umat Islam, simak selengkapnya disini agar lebih mudah!

Jumlah ayat dalam Alquran ini sebenarnya cukup banyak sekali dan tidak diketahui oleh umat Islam. Al-Qur’an sendiri termasuk ke dalam kitab suci umat Islam yang terdiri atas 114 surah beserta 6.236 ayat. Namun, pada kenyataannya ada sedikit perbedaan dalam penghitungan jumlah ayat di kalangan ulama.

Hal tersebut tentunya karena beberapa qira’at mempunyai metode yang berbeda. Terutama, dalam menentukan pembagian ayat. Meski begitu, umumnya angka yang diterima secara luas oleh Umat Islam hanya sekitar 6.236 ayat.

Jumlah Ayat dalam Alquran

Ayat dalam Al-Qur’an ini menjadi bagian paling penting yang akan membentuk setiap surah. Ayat tersebut biasanya akan berisi pesan dari Allah yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Di mana penurunan Al Qur’an tersebut melalui Malaikat Jibril dalam rentang waktu hanya sekitar 23 tahun.

Waktunya dimulai dari tahun 610 M sampai 632 M pada saat Nabi wafat. Al-Qur’an sendiri diketahui telah diturunkan dalam bahasa Arab. Bahkan, setiap ayatnya mempunyai makna yang mendalam, baik itu secara tekstual maupun kontekstual.

  1. Terbagi Dua Jenis

Jumlah ayat dalam Alquran ini terbagi menjadi dua jenis utama, yakni Makkiyah serta Madaniyah. Makkiyah sendiri termasuk ayat yang telah diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Sementara itu, Madaniyah merupakan ayat yang telah diturunkan setelah hijrah. Perbedaan antara kedua jenis ayat satu ini sebenarnya tidak hanya pada waktu serta tempat penurunannya.

Melainkan juga pada tema serta gaya penuturannya. Umumnya, Ayat Makkiyah ini tampak lebih pendek. Namun, banyak sekali membahas tentang tauhid, serta akhirat. Bahkan, juga sudah ada ajakan untuk beriman kepada Allah.

Sementara itu, Madaniyah sendiri lebih banyak mengatur aspek kehidupan di sosial, hukum, serta ibadah dalam masyarakat Islam.

Surah dalam Al-Qur’an sendiri telah tersusun tidak hanya berdasarkan dari urutan kronologis penurunan wahyu. Namun, menurut perintah Allah SWT.

Surah pertama dalam mushaf Al-Qur’an ini hanya Al-Fatihah. Di mana terdiri atas 7 ayat, sementara itu surah terakhir yaitu An-Nas yang mempunyai 6 ayat.

Surah terpanjang dalam Al-Qur’an hanyalah Al-Baqarah saja. Di mana terdiri atas 286 ayat, sementara itu untuk surah terpendek yaitu Al-Kawthar hanya terdiri 3 ayat.

  1. Keunikan Ayat Al Qur’an

Keunikan dari Ayat Alquran ini sebenarnya tidak hanya terletak pada jumlah ayat beserta suratnya. Namun, juga terhadap struktur dan susunannya yang sempurna.

Setiap ayat dalam Alquran tentunya sudah ada keterkaitan dan hubungan yang erat dengan ayat sebelum serta sesudahnya. Jadi meskipun pembahasannya terkadang tampak berbeda. Namun, untuk bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an tentunya sudah punya tingkat keindahan yang sangat tinggi.

Jadi banyak sekali umat Islam serta para ahli bahasa yang turut mengagumi keindahan balaghah beserta fashahah bahasa Arab dalam kitab ini.

Jumlah ayat dalam Alquran ini tentunya mempunyai fungsi penting dalam hidup sehari-hari umat Islam. Ayat ini juga sangat sering dijadikan sebagai doa atau dzikir.

Misalnya saja seperti Ayat Kursi (Surah Al-Baqarah: 255) yang seringkali dibaca untuk meminta perlindungan serta ketenangan hati. Selain itu, banyak sekali umat Islam yang menghafal ayat Al-Qur’an, baik itu sebagian maupun seluruhnya. Ini juga sebagai bentuk ibadah serta upaya untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kunjungi pemudahijrah.com jika kamu ingin mendalami tentang agama Islam.

Kesimpulan

Secara umum, Jumlah ayat dalam Alquran ini tentunya akan mencerminkan keindahan serta keteraturan kitab suci tersebut. Setiap ayat sudah mempunyai makna mendalam serta memberikan petunjuk bagi umat manusia untuk bisa menjalani kehidupan.

admin http://apikes-widyadharma-plg.ac.id

Hai bro, kenalin dulu nama saya adalah Jason karmela. Saya ingin berbagi pengalaman serta pengetahuan mengenai beragam fakta unik seputar teknologi terbaru dan terlengkap 2024. Jika kamu tertarik silahkan ikuti kami dan baca selalu kabar terbarunya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author