Emang Bisa Cas Mobil Listrik di Rumah?

3 min read

Ternyata cas mobil listrik di rumah itu mungkin sekali kita lakukan, jika kita tau caranya dan punya alatnya!

Bahan bakar untuk kendaraan yang kita kenal beberapa adalah pertamax, pertalite, dan solar, menjadi sesuatu yang kadang-kadang langka dan sulit ditemukan. Dengan dinamika itulah beberapa pengembang otomotif melakukan inovasi pada kendaraan bermotor. Salah satunya adalah mobil listrik. Mobil listrik sudah menjadi moda transportasi yang banyak dipakai di kalangan masyarakat atas saat ini terutama anak muda. Beberapa alasannya adalah tidak bising dan bebas ganjil genap.

Namun, pertanyaan berikutnya muncul. “Cas mobil listrik bisa di rumah saja?”. beberapa ahli otomotif pun memberikan jawaban menarik, bahwa cas mobil bisa di rumah, dengan beberapa syarat yang akan kita ulas pada artikel berikut ini.

Syarat Cas Mobil Listrik di Rumah

Mengisi daya untuk mobil listrik tidak sesederhana seperti saat kita hendak mengisi daya untuk ponsel pintar kita. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kita bisa cas mobil listrik di rumah. Berikut beberapa syarat yang harus diperhatikan:

  1. Daya Listrik di rumah

perhatikan apakah daya listrik di rumah kita memungkinkan untuk mengisi daya mobil listrik yang kita punya. Kabar dari PLN, agar cas mobil listrik di rumah yang dimiliki rumah kita setidaknya sekitar 7.700 Volt Ampere (VA). Waktu yang kita butuhkan untuk mengisi daya mobil listrik di rumah adalah sekitar 17 jam hingga penuh.

  1. Memiliki Home Charging

Home Charging adalah alat untuk cas mobil listrik di rumah yang kita tidak bisa melakukannya tanpa bantuan profesional. Pihak PLN untuk memasangnya lah yang menyediakan layanan pemasangan home charging. Kita bisa menghubungi menghubungi PLN terdekat untuk mendapatkan layanan ini. PLN telah melakukan kerjasama untuk pengadaan pemasangan port home charging bagi seluruh pembeli mobil listrik.

Berapa Harga Charger dan Port Mobil Listrik?

Harga Charger Mobil listrik

Seperti pada umumnya barang elektronik yang membutuhkan pengisian daya, pun begitu dengan mobil listrik. Pihak penjual akan memberikan kabel pengisi daya yang umum seperti kabel EV Steker 3 – pin atau lebih dikenal dengan kabel pengisi daya level 1. Namun ini hanya berlaku jika kita membeli kendaraan baru. Kemungkinan besar, jika kita membeli kendaraan bekas kita harus membelinya terpisah di beberapa toko penyedia aksesoris mobil listrik. Untuk harga charger mobilnya ada di angka Rp 2 jutaan hingga Rp 48 juta.

Harga Port Home Charging

Pihak PLN telah bekerja sama dengan dealer mobil listrik untuk pemasangan port home charging. Biaya yang keluarkan adalah Rp 0,- atau gratis. Pihak PLN menyebutkan bahwa PLN akan segera memasang port home charging bagi pembeli mobil listrik guna meningkatkan kenyamanan penggunanya.

jadi, kamu nggak usah khawatir nih, karena sudah bisa cas mobil listrik di rumah saja.

Cara Cas Mobil listrik di Rumah

Beginilah cara yang benar untuk cas mobil listrik di rumah;

  1. Pastikan memiliki kabel pengisi daya yang sesuai dan bisa digunakan dengan baik atau compatible
  2. Gunakan stop kontak yang memadai agar tidak terjadi konsleting listrik atau kebakaran
  3. Sambungkan kabel pengisi daya ke mobil listrik
  4. Amati indikator pengisian yang ada pada mobil listrikmu. Perhatikan apakah pengisi daya berjalan dengan baik
  5.  Jika sudah terisi penuh, segera matikan pengisi daya agar tidak overcharging yang membuat baterai mobil cepat rusak.

Kesimpulan

Mobil Listrik mulai meluas penggunaanya sejak beberapa merek terkenal juga ikut memproduksinya. Pengisian daya mobil listrik biasanya dilakukan di stasiun pengisian mobil listrik. Namun, kita juga bisa cas mobil listrik di rumah dengan memasang port home charging yang dipasang oleh pihak PLN secara gratis. Untuk kabel steker, beberapa dealer memberikannya, akan tetapi dengan kualitas level 1, jadi kita bisa membeli secara terpisah jika ingin kabel steker yang lebih bagus.

admin http://apikes-widyadharma-plg.ac.id

Hai bro, kenalin dulu nama saya adalah Jason karmela. Saya ingin berbagi pengalaman serta pengetahuan mengenai beragam fakta unik seputar teknologi terbaru dan terlengkap 2024. Jika kamu tertarik silahkan ikuti kami dan baca selalu kabar terbarunya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author