Pelajari Rumus Dari Kegunaan Microsoft Excel Bagi UMKM

4 min read

Cobalah untuk memanfaatkan salah satu kegunaan microsoft excel untuk umkm yang terkadang masih sering diabaikan. simak disini!

Padahal ada beberapa rumus dan juga manfaat tersendiri dari Microsoft Excel yang sangat berguna untuk keberlangsungan UMKM. Kegunaan Microsoft Excel yang paling utama adalah meningkatkan produktivitas serta efisiensi kerja dalam mengolah suatu data atau perhitungan dalam skala yang cukup besar. Sebagai sumber utama pertumbuhan ekonomi negara, UMKM harus tahu cara mengolah data setidaknya dengan memanfaatkan Microsoft Excel.

Dengan menguasai keterampilan yang satu ini, akan membantu UMKM dalam pengerjaan operasional bisnisnya. Setiap harinya UMKM selaku menghasilkan data dengan volume yang cukup tinggi. Data-data tersebut bisa diperoleh dari berbagai cara, contohnya seperti dari social media monitoring, dan lain sebagainya.

Kegunaan Microsoft Excel sendiri terletak pada kemudahan pengumpulan data, analisis data serta pengoperasian data secara cepat dan juga mudah dipahami oleh pembaca sekaligus penulisnya. Berikut ini akan diulas mengenai rumus-rumus Excel yang bisa digunakan UMKM serta manfaat Microsoft Excel bagi industri UMKM.

Rumus Microsoft Excel Yang Cocok Ditetapkan Ke UMKM

Secara umum, rumus – rumus serta  fungsi-fungsi Excel cukuplah mudah untuk dipahami dan diterapkan kedalam suatu perhitungan. Berikut rumus-rumus dasar yang digunakan oleh industri UMKM.

  1. Rumus SUM

Rumus satu ini dapat dipakai dalam penjumlahan suatu kumpulan data. Dengan menerapkan rumus ini, pemilik UMKM tidak harus melakukan penghitungan secara manual . Contohnya, penghitungan stok barang akan semakin cepat menggunakan rumus ini. Rumus SUM dapat diaktifkan dengan cara ketikan =SUM(sel_awal:sel_akhir) pada kolom rumus.

  1. Rumus If

Kegunaan rumus satu ini yaitu guna mencari nilai data uji logika berdasarkan dengan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan. Pengetikan fungsinya menggunakan (=), kurang dari (<), lebih dari (>), ditambah dengan simbol penghitungan dasar lainnya. Contohnya, rumus If dapat digunakan untuk menghitung berapa barang yang sudah terjual dengan kriteria tertentu.

  1. Rumus Vlookup & Hlookup

Kedua rumus tersebut sebenarnya mempunyai fungsi sama yaitu dipergunakan untuk mencari nilai suatu data pada kolom tertentu. Pencarian dilakukan dengan menggunakan kata kunci tersendiri (yang telah ditetapkan). Perbedaannya tetletak pada pencarian data secara vertikal maupun horizontal. Contohnya, rumus ini dapat digunakan untuk mencari nama barang tertentu beserta dengan harganya pada deretan nama-nama produk di suatu kolom.

Penerapan fungsi-fungsi tersebut akan sangat membantu para pemilik UMKM dalam mengolah data yang dimiliki oleh bisnisnya. Idealnya, dalam menjalankan suatu bisnis diperlukan adanya pembuatan strategi tertentu dalam pengoptimalan bisnis jangka panjang,. Dapat dimulai dari perencanaan strategi segmentasi konsumen, strategi marketing, serta strategi kampanye yang tepat sasaran.

Kegunaan Microsoft Excel Di Era Digitalisasi Untuk Operasional UMKM 

  1. Microsoft Excel sangatlah nyaman digunakan oleh para pemula. Pada tools ini telah tersedia berbagai macam formula serta fungsi-fungsi standar yang bisa dipergunakan oleh pemilik bisnis untuk menghitung nilai-niai yang sudah ditentukan.
  2. Kegunaan Microsoft Excel berikutnya adalah dapat memvisualisasikan suatu data yang telah disesuaikan berdasarkan hasil dari suatu analisis data. Contohnya , suatu bisnis UMKM warung makan bakso memperoleh revenue serta peningkatan konsumen (pembeli) secara berkala. Pemilik warung bakso tersebut dapat mempresentasikan peningkatan jumlah pelanggannya kedalam berbagai jenis chart dengan memanfaatkan bar chart. Misalkan menggunakan diagram batang atau diagram garis. Dengan visualisasi data menggunakan  chart, maka akan mempermudah pembacanya dalam menganalisis suatu data yang disajikan.
  3. Kegunaan Microsoft Excel yang berikutnya dapat diperoleh dari bebagai jenis template serta dashboard dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan presentasi dari pemilik bisnis UMKM. Jika pemilik bisnis telah memperoleh hasil analisis dari bisnisnya maka tugas selanjutnya adalah mempresentasikannya kepada anggota tim bisnis ataupun investor.

Kesimpulan 

Kegunaan Microsoft Excel untuk suatu bisnis UMKM sangatlah banyak. Mulai dari mengolah suatu data, menganalisnya, serta mempresentasikannya kedalam bentuk chart atau diagram. Oleh karena itu, belajar atau memahami Excel tidaklah harus dilakukan oleh orang yang berasal dari latar belakang bidang ekonomi. Pemilik bisnis bisa belajar Microsoft Excel dengan menjadikan bisnisnya sebagai bahan perhitungan dan juga bahan analisis.

Berikut tadi penjelasan mengapa Kegunaan Microsoft Excel bagi UMKM. Kegunaan dari Microsoft Excel yang lainnya adalah dapat memulihkan suatu data yang hilang dengan cepat. Semoga kedepannya semakin banyak UMKM yang memanfaatkan Microsoft Excel.

admin http://apikes-widyadharma-plg.ac.id

Hai bro, kenalin dulu nama saya adalah Jason karmela. Saya ingin berbagi pengalaman serta pengetahuan mengenai beragam fakta unik seputar teknologi terbaru dan terlengkap 2024. Jika kamu tertarik silahkan ikuti kami dan baca selalu kabar terbarunya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author